Jalan Jalan ke Bandung [Marathon 2018-end] *ingatan dari masa lalu*

salam,


mau ngakak,
itu barusan posting, tulisan di draft yang udah numpuk hampir 2 tahun aja.

tulisan PSBM 2018.

yaapadah ikun, Bandung Marathon 2020 aja udah mau mulei, lah elu tulisan 2018 yang udah ketutup debu baru di publish. wkwkwkwk.


dan,
karena tulisan sebelumnya ditutup dengan kalimat continued,
da sekarang,
marilah kita bikin penghabisannya.


*idealnya postingan ini akan ditemani beberapa visual gambar, namun apa daya hape yg dipake 2018 itu udah rusak kebanting, dan ga mau nyala lagi. sisa sisa gambar ada yang udah real time ke aplod di instagram kalo mau liat, yamaap. wkwkwkwk*


lanjot..

kan, udah ya tuh, akhirnya miss tiwi ga jadi ikutan makan malem. jadinya aku bungkusin makan aja karena dese masi dropshay terguncang meongnya, meningggaaaaaaal. my deepest condolences, miss

kang uciknya juga ga jadi ditemuin, karena ya dia juga udah sama team pacernya dinner kemana. yaudz lanjut kita makan ber5an aja bareng Masano, Eky, Bgda sama BgJim.

buru buru balik ke Cigadung karena mau nabung tidur, dan Bandung malem minggu, you knowlah yaaaaa, macetos, hopeless.

sampe penginepan, buru buru meremin mata, dan
KAMPRET!
saking nerves, susah banget dah merem. yaelaaaah ikun, santuy aja ngaaaapaaaah, kek mau diapain aja lu, wkwkwkwk.

bangun jam 3 subuh besokannya langsung wassapin grup, takut tuh gerombolan pakbapak pada bablas molor kan, abis itu beberes mandi dan memastikan miss tiwi sudah berada pada moodnya yang baik, karena ya atuh kita mau race, harus prima gitu kan. alhamdulillah, dese udah mendingan.

nyampe race venue, memang ngejar sebelum subuh, karena mau subuhan disana aja. dimana tuh start line nya ampe lupa guwah, wkwkwkw.

yaiya, di gedung sate apa yak *cmiiw

ketemu mas ano yang udah bebekelan sarung, nemuin A adit, dan random ketemu dinny di tempat wudhu, wkwkwk. pasukan elite lainnya, ga tau pada nge-base dimana.

beres nyubuh, ketemu donni pas mau nuju start line dan sempet pepotoan bentar, padahal itu rombongan HM udah mulei start dan kita ga nyadar. okebhaiq.

pas malem sebelumnya itu kan, aku sama mas ano udah mengikat janji akan selalu bersama menghadapi gempuran race ini, mengikat janji juga bersama A adit setelah subuhan itu, kita akan solid bertiga karena aku ditarget kudu finish 2:35 apa something, ampon udah lupa guwah.

berbekal kesatuan tekad bulat itu, bersama kami jalani rute yang belom belom udah, yaelah naik jembatan layang aja nih, wkwkwkwk.

sampai hari ini ga berhenti bersyukur mas ano bersedia jadi pacer pribadi, karena ga akan pernah ditemukan pacer kualitas begini dimanapun anda berada, yaqin guwah. *sembah paduka

selain bantu pacing, cheering, ngatur kudu berapa teguk aing minum, ngajak ngobrol dan paling penting selalu ngeh kapan adanya kamera potograper yang ngeker kita, karena bentar bentar dia ngomong: atur jarak, fierce, ada kamera.

YA ALLAH NGAKAK, YA GUSTI. TERBAEK ELU MAS!

pacer yang ini gak pernah ga berhasil meningkatkan mood guwa!

memang belum nyampe setengah rute HM PSBM 2018 kita udah disuguhkan tanjakan di jembatan layang, menurutku ini tricky sih ya apalagi buat pelari pelari macem kita yang susah bat ngatur emosi dan pacing mayan berantakan, keinget mas Ano selama rute flyover ini bolak balik reminder, tahan ikun, tahan.

yoi, beberapa kali aing bablas kebawa pacer dan endorfin yang meluap luap ye kan, apalagi kalo udah dilewati pelari ganteng, bawaannya pengen ngejar bae.

ga kebayang kalo ngebut di awal, lah masih ada sisa belasan kilo yang mau dilewatin pake tenaga apa. belajar juga dari race HM sebelumnya di Lombok yang kehabisan energi karena disuguhin tanjakan Senggigi di awal, lalu keder pas masuk kota, wkwkwkwk.


sayang pas dari kilos berapa itu, kita udah kececeran sama A adit karena kalo ga salah dese juga udah ketemuan sesama komunitas lari perusahaannya, ya susye emang ya pergaulan kita sama seleb runner ini, hahahahaha *dikeplak Aa*


sayang, udah lupa di kilos berapa itu kita ketumburan - ya apadah ketumburan- pada ngerti ketumbur gak sik? HAHAHAHHAHA
maksudnya bertabrakan di persimpangan jalanan yang ditutup sementara di hari minggu pagi ceria dimana seluruh warga ingin turun ke jalan. kebayang?

suara klakson bertebaran di udara, beberapa kendaraan sudah bablas kesabaran ingin melaju saja, dan kuda kuda delman ibukota turut serta bersisian berlarian bersama, bahahahaha, chaos di beberapa sudut, sesekali terlihat pengendara dan pelari beradu argumen tak mau kalah. ga ada yang mau ngalah. beberapa pelari tersulut, kebanyakan santuy bae memekakkan telinga sendiri, tidak acuh. apapun katamu pemiersa, nih guwa masih dalam misi mau menuntaskan pelarian guwa.

stabil kun, stabil. mas ano masih setia.
mas, mas, guwa takut kuda mas.

kami tetap berlari di jalanan yang mulai terhimpit ramainya mesin pengendara.

Bandung waktu itu tidak begitu panas, panas tapi tidak menyakitkan bagai udara pada bulan kulminasi di khatulistiwa. perbekalan menipis, semangat mengendur, tenaga terkikis. jarak masih tersisa beberapa kilos. pencerahan datang, WS dengan stok pisang dan sponge basah terpampang di meja, seingatku ada apel juga, alhamdulillaaaaaah.

mas ano nyimpen pisang di waist beltnya, aku konsentrasi dengan sponge basah, betis sudah terasa nyeri sedikit sedikit, sibuk berpikir ini memang sinyal yang dikirim badan atau ini efek halusinasi saja. teringat beberapa kali paduka cerita punya semprotan ethyl, kutanya mas, semprotan mana. KAGA DIBAWA~~~

kita mulai mlipir mlipir ke tepian, sakit tapi gak terlalu sakit, sekali kupikir, ini cuma manja, hayo terusin!

pasti sudah strategi terakhir yang jelas terpasang secara alami pada tubuh ini, masih ada 5K dan aku sudah keletihan, tinggal berbekal mantra selesaikan apa yang sudah kamu mulai, sebagai amunisi terakhir, sejujurnya aku kasihan sama mas ano, bolak balik kupersilahkan untuk duluan tapi dia bertahan, bertahan meskipun aku tau gimana berat dia ngimbangin aku. yak ikun, dramak.

semoga kesabaran digantikan pahala berlipat, paduQa!
kurang lebih begitulah yang bisa kita pedomani dari kekuatan para pacer yang bertugas di semua event lari. begitu sabar dan seluas samuderanya hati mereka menemani kita, wkwkwkwkwk.

sudah lewat kurang lebih 4 menitan dari target waktu yang dicari. masih tersisa mungkin 500m di depan, sudah tidak punya tenaga untuk last push, meskipun kanan kiri terdengar meriah sekali seluruh populasi cheering memenuhi finish area. Mas Ano akhirnya berlalu, dia ingin finish strong, dan aku ingin dia finish strong, kami lepas.

karpet biru sudah terhampar, finish tinggal beberapa jangkauan, sedikit kecewa, lepas dari target hanya masih PB untuk pelari wangsit ini, alhamdulillah. sehat sampai finish line. menemui Mas ano yang sudah sampai duluan dan menujunya dengan mata hampir berair tumpah. terhuraaaaaaaa #teammewek tapi terus dia ngelawak apa terus kita malah ketawa ketawa --

finish 2:39 versi parmin. 2:41 versi net time.

lepas dari target, tapi alhamdulillah, finish bahagia.

A adit, finish strong, Donnie finish strong, miss tiwi juga finish strong 10K nya, eh finish kelaperan dia dink. wkwkwkwkwk.

sampe siang nunggu pasukan lengkap, dipastikan semua sehat, aman, kita menuju tempat makan dan bersenang senang.




Hatur Nuhun, Bandung.
we'll see you soon.









Komentar

Postingan Populer