Jalan Jalan ke Riam Berawat'n (3) (end)

Akhirnya part terakhir ditulis juga dengan ingatan yang mulai tipis tertimpa memori lain,
enjoy then,

sore itu, kira kira udah jam 5 lewat dikit, beberapa temen udah gak sabar maju jalan duluan menuju riam.
oh ya, bolak balik ngomong riam, kayaknya aku belum ada kasih tahu ya riam itu apa..
menurut KBBI :

riam1/ri·am/ n aliran air yang deras di sungai (hampir seperti air terjun, tetapi rendah sekali)

tapi oleh kami, riam kami artikan juga sebagai air terjun, baik yang kecil atau besar, kami menyebutnya riam.
jadi yang (mungkin) masih bingung dari post sebelumnya bolak balik disebutkan kita menuju riam, itu maksudnya kita menuju air terjun.

oke,

akhirnya bersepakat untuk ikut turun, aku dan 3 personil perempuan trip lain, kemudian menyiapkan keperluan. udah ribet bawa gembolan gede isi baju ganti, Bang Asep ngingetin,
"gantinya ntar aja, disana gak bisa ganti.."
Ooooow, baiklah.

rombongan kecil mulai berjalan dengan ceria, belum tau medan seperti apa yang akan kami hadapi. bukan bermaksud untuk "mengecilkan" kemampuan perempuan ya, cuma kan pasti kemampuan fisik dan bertahan di alam antara laki dan perempuan jelas berbeda, apalagi untuk kita yang amatir ini. diantara 4 perempuan termasuk aku yang ikut trip, hanya 1 diantara kami, yaitu si Okta yang bisa dikategorikan pro, karena memang anggota mapala dan udah jelajah alam sampe kemana mana, bahkan ke luar pulau. jadi ya, mohon dimaafkan apabila tracking kali ini akan terseok seok karena kami. Bihihihihihi.

segeeeeeer
mulai masuk hutan
tracking dari lokasi kami mendirikan tenda sampai ke muka riam makan waktu 20an menit, dengan kondisi setelah masuk hutan seperti gambar diatas, medan tidak lagi berupa tanah datar, tapi berupa turunan berbatu yang omaygad liciiiiiiin aja, kudu hati hati BANGET kalo mau napak, soalnya kalo gak ya, bakal jatoh nyangsrak nyium batu batu segede umat. another ngeri ngeri sedap experience. untung masih ada cahaya matahari sore. kenapa cahaya matahari sore dibawa bawa, karena setelah ini, tanpa cahaya matahari sore tiada adalah arti kami ini....
sedeup!
eh, maap ya ini photo photonya bakal ngeblur gak jelas..

pas dipikir pikir lagi, segini bener perjuangannya mau ketemu air. hehehehehe

akhirnya ada juga photo tampak belakang
setelah penuh perjuangan dengan adegan kepleset dua kali, dan helaan nafas ngos ngosan sambil cekikikan sama yang lain karena masing masing kesusahan menjajal medan akhirnya sampai juga di muka riam. alhamdulilaah, semua susah kebayar saking senengnya.

hallo!

pemandangannya kaya kalender, syenaaaaang....
pas nyampe, jam udah mau deket jam setengah 6, terus main air kesana kesini. Bang Asep yang nyusul kemudian sama Bang Iyok sebagai kepala gank udah bolak balik ngingetin buat kita balik ke atas karena hari udah gelap, mengingat track akan berbalik tinggi, mau gak mau kita kudu manjat manjat dikit lewat bebatuan kayak tadi, ditambah udah gak ada cahaya matahari sama sekali kan. Balik hooooooiiiiiiii!!!

Atas instruksi dan diskusi singkat, kita mengatur barisan pulang, siapa yang hapenya punya aplikasi senter diatur jaraknya biar depan tengah dan belakang kebagian lampu. dan, yuk marilah kita memanjat untuk pulang dengan bergelap gelapan.

jangan tanya gimana dramanya pas manjat pulang itu, gak bakal kelupa!
nafas udah tersengal sengal, beberapa teriak minta istirahat karena keabisan nafas.
beberapa teriak minta berhenti karena jarak antar satu dengan lainnya terlalu jauh.
beberapa teriak minta disorot lampu senter karena ragu jejak kaki udah melengsot kemana mana.
kebayang kan, udah gelap, licin kebasahan, kudu nanjak manjat batu, omaygad...

di depanku persis, ada dedi. dedi ampe milih nyeker aja biar lebih mudah. kemana dedi nginjek tanah disitu pula aku ikut nginjek. begitu pasrahnya karena ya ampuuuuun gelap bangeeeeet....
jangan tanya potonya kemana, boro boro moto, mau pegangan kemana mau mijek kemana aja galau. bahahahahahahahaha...

nafas abis buat nanjak, abis buat ketawa cekikikan juga.
epic!

pas udah nyampe atas, langsung buru buru ganti baju di semak dalam kegelapan malam, lalu wudhu mau maghrib takut keabisan, untung gak jauh dari tenda ada aliran air yang cukup gede.
acara malemnya, apalagi kalo bukan MAKAN!
makan terakhir tadi siang di pasar Bengkayang yang di posting di episode sebelumnya.
tepuk tangan berdiri diberikan kepada Elisa dan Bang Asep yang dengan secepat kilatnya bikin bumbungan api untuk ngebakar ayam, dan gak lama setelah anak anak kelaperan ini duduk manis nyemilin nasi putih, ayam bakar pun dataaaaaaang. horaaaaaaay!!!

"matiin, matiin lampunyaaaa..."
kata Bang Asep, Elisa udah cekikikan.
kenapa emang? anak anak pada kepo.
"Biar gak ketahuan kalo ayamnya belum mateng...."
Bahahahahahhaahahhahaha..

karena udah laper yang menderu dera (((deru dera))) akhirnya bodo amat deh itu ayam kita sikat juga, enak kok rasanya, kayaknyapun mateng mateng aja..
pas udah puas jilat jilatin jari karena kekenyangan makan ayam bakar campur taro campur lauk lauk lainnya, udah deh pada ngobrol ngalur ngidul gak jelas. Abis kuliah tujuh menit dari Bang Asep kumpulan ini memecah dengan naturalnya berdasarkan kelompok umur, bahahahahahaahaha...
aselik, yang abege ngumpul sama yang abege, yang muda nanggung ngerumpi sama yang nanggung, yang tua pada ngumpul sambil pijetan pake hotin cream. umur gak boong!
*ngakak*

makin malem obrolan makin gak jelas kemana mana kan, gonjrengan gitar yang awalnya lagu lagu top40 sampe akhirnya pelan pelan berubah playlist menuju ke arah arah lagu curhatan, alunan suara suara (pura pura aja) merdu terdengar memecah keheningan, curhat curhat colongan bercampur udara malam...
wetsaaaaaaah bahasa gue yaaaa...

edisi curhat colongan
udah jam sebelas waktu kita memutuskan untuk tidur, rencananya sih tenda yang atu atunya itu didirikan untuk ibu ibu yang ngikut trip ini tidur, tapi karena malem itu cuaca enak banget, dingin malam tidak terlalu kejam, dan langit sedang cantik banget banyak bintang akhirnya aku, Long Tyas, sama Elisa milih tidur sleeping bag-an aja. Okta udah molor dari tadi. Udah dapet tempat di kaki Aad sama Bang Asep, aku sama Lisa akhirnya masuk ke sleeping bag, naikin retsleting terus ngelundung diantara semak jejelan sama kaki yang lain, nyari anget juga, Long Tyas akhirnya milih spot ntah dimana. Tenda yang dianggurin akhirnya dipake sama anak anak yang gak bawa sleeping bag. Kletak kletik bunyi ranting kemakan api dan sayup sayup anak anak masih nyanyi gitaran jadi musik penghantar tidur kami.

Kebangun waktu langit masih gelap, tapi bulan udah geser dari tempat sebelumnya, angin kenceeeeeeng banget, semak semak tinggi yang ujungnya tumbuh bulu bulu itu sampe miring berapa derajat ketiup angin. Elisa ikut kebangun waktu aku bangun duduk, kresak kresek bunyi berisik sleeping bag.
"Masih malem.."
Gak tau Bang Asep apa Aad yang ngomong, tapi gimana udah keburu kebangun. ngeliat hape, eh iya masih jam 3 aja. susah buat merem lagi, lalu dengan randomnya aku bangun menuju ransel yang isinya udah acak acakan buat diberesin, mayan ngurang ngurangin repot ntar paginya, kan masih mau main lagi paginya ke riam, belom puas..

udah pagi, indomie seleraku~~

dalam episode (bukan) kolor yang tertukar
pas matahari udah naik, pas episode pagi yang menakjubkan telah usai, kita jamaahan nonton awan pagi yang pelan pelan hilang ketimpa sinar, kembali bersiap menuju kembali ke riam, mau nyebur sampe puaaaaaas....

hello from the other side!

pemandangan dari sudut tenda
semangat menuju riam karena udah dapet booster pagi yang pemandangannya breathtaking abis. masyaAllaah, Tuhan sungguh maha indah,

Riam Berawat'n
dari google:

Riam Berawan ini merupakan air terjun tertinggi di Kabupaten Bengkayang dengan ketinggian mencapai 75 m. Riam Berawan ini mempunyai suatu legenda tersendiri, konon dahulu kala ada seekor ular raksasa yang sedang bertempur dengan seorang panglima perang masyarakat setempat, karena panglima perang tersebut mempunyai kesaktian yang luar biasa akhirnya luar raksasa tersebut mati terpotong-potong. Anehnya, potongan tersebut menjelma menjadi sebuah Riam yang sangat besar dan sangat tinggi. Terdapat lagi kejadian yang sangat unik yaitu adanya penampakan seekor rusa dari tengah riam tersebut yang memancarkan sinar keemas-emasan, sehingga sampai sekarang riam ini dikenal dengan nama riam Berawan atau Riam Emas.

finally here!
karena semalem udah latian kali ya, sekalinya pagi kesana lagi udah mulai enakan sih napaknya, yah walaupun masih ada episode ngos ngosan juga. tadinya mau "main" air aja gak mau pake basah basahan lagi, tapi dipikir pikir lagi yang namanya ngetrip itu sayang banget rasanya kalo gak total.
jadiiiiii, ya udah, yok nyebuuuuuur....

another ngeri ngeri sedap experience
pokoknya ya itulah ya, kita udah nyebur nyebur kegirangan, airnya jangan ditanya jugak adem kaya apa, mana masih pagi lagi. ujung ujung jari udah pada pada mengkeret, bibir udah makin biru, pundak udah nekuk saking dingin akhirnya naik juga ke batu batu guede super licin itu buat udahan. mana pake drama Elisa berenang diintip uler, apa iya gak pada ngabuuuuuur...

pada enggak mau pulang kaaaan
kaya biasa bang Asep udah jadi mandor ngingetin ini anak anaknya buat ngumpul karena sesuai janji tadi, paling lambat jam sembilan kita udah kudu turun ke dusun. kan masih mau mampir ke riam lain lagi kaaaaan..

Bang Asep sama Bang Iyok, Kepala suku.
pokoknyaaaaaa, Riam Berawat'n ini cantiiiiiiiiik banget, diliat pas sore menuju senja juga cantik, didatengin pas pagi masih muda juga cantiiiiiiik, alamnya masih natural banget, relatif bersih, bikin refresh lahir batin.
medan menuju kesana kalo temen temen sudah terbiasa menjelajah alam mungkin tidak akan terlalu menemui banyak kesulitan, tapi memang butuh ekstra sabar sedikit karena kudu naik turun melewati bebatuan yang lumayan licin itu.
tapi yakin deh, kesusah payahan itu pasti terbayar lunas setelah kita menjumpai riam.
yuk, jaga sama sama alam kita, jangan dirusak biar nanti keturunan keturunan kita yang keberapa masih bisa menikmatinya.
duileeee, pesan pesan gue ye...

menuju jalan pulang #campingbersih bawa pulang sampahmu
selfie pulang di dusun terakhir
tuh kan,
paling gak bisa deh bikin kalimat penutup.
speechless,
oh ya, jalan jalan ke Berawat'n kali ini di inisiasi sama Awan Outbond yang digawangi oleh Bang Asep dan Bang Iyok, kalo yang di Pontianak dan sekitarnya pengen tau lebih banyak informasinya bisa search di FB Awan Outbond, temen temen dari AO ini bisa memfasilitasi kepengenan temen temen kalo pengen kemana.
oh ya (lagi), kalo sama AO ini spesialis penghantar jalan jalan berbudget rendah. kemarin pas berangkat, kita iuran Rp.50rb per kepala. biaya itu disetor diluar keperluan pribadi dan lain lain ya. bensin, makan, dan jajan jajan bisa di share cost dengan teman seperboncengan (kalo berdua) atau bersama yang lain kalo perginya rombongan.
yang pasti jalan jalan dengan bahagia deh..
untuk ilustrasi biaya yang akan dikeluarkan, bisa dikira dikira dari perjalanan aku kemarin kali ya:
dari Pontianak ngisi bensin full tank~ Rp. 25.000
jajan di jalan buat bekal camping ~ Rp. 50.000
Ngisi bensin lagi di Bengkayang ~ Rp. 30.000
Makan siang plus belanja nasi putih ~ Rp. 23.000
Trus Pulangnya ngisi bensin full tank lagi trus makan 2x lagi.
kira kira segitulah pengeluarannya.
kalo pergi ramean memang lebih enak karena ya itu, biaya apa apa bisa dibagi sama yang lain.

Baiklah,
sampai di akhir perjalanan, akhirnya kami kembali menuju kota.
sebenernya trip ini masih berlanjut karena di arah pulang menuju Pontianak kami mampir ke Pasar Sanggau Ledo untuk istirahat dan melanjutkan ke Riam berikutnya. Ntar insyaAllah disambung ke postingan berikutnya ya..
jadi, yang masih ragu dan bingung mau main kemana, mudah mudahan setelah ini sedikit sedikit bisa dapet pencerahan ya. Kalimantan Barat itu gak kalah bagus dari daerah lainnya...