Jalan Jalan ke Riam Berawat'n (2)

salam,

kita lanjutin cerita kemaren ya..

setelah beramai kita beranjak dari rumah Pak Kadus, kita menuju ke lokasi dengan (masih) berkendara motor. Nanti sampe kita menjumpai dusun terakhir, kita bakal nginepin motor kita disana lalu tracking menuju Riam.

Jalanan mulai mengecil dan aduhai, mulai jelek karena kita gak bakal nemu aspal lagi. Yang ada cuma jalan tanah yang beberapa ruasnya dikasih topping kerikil, iya tanah campur kerikil.

ini batu kerikil. penting banget >.<


jalan kerikil ini gak bertahan lama, kurang lebih 100meteran, karena setelahnya ya hanya jalan tanah. oh ya, setelah ini mohon permakluman karena foto foto yang akan tampil mungkin jauh dari kesan layak, karena cuma diambil dari kamera hape dan dipoto dari atas boncengan motor, yang ada dikit dikit aku narik kerah jaket Eko karena takut (hape) jatoh. Bahahahahaha..

masih lancar, tanah masih keras
pasukan maju jalan..

ahem!
kalo gak salah inget, setelah kita ngelewatin jalan tanah yang semakin becek ini, hujan gerimis mulai turun, langit mendung tapi masih ada matahari. Pemandangan kanan kiri setelah hutan ini baguuuuus bangeeeet.

masih belum ngeh ini dibabat mau ditanem apa

pengen turun padahal
mudah mudahan ini gak bakal berubah jadi sawit ya
taneman yang paling sering dijumpain pas di perjalanan ini adalah jagung, ada petai juga, samaaaa.. apa itu aku lupa, pokoknya bumbu dapur deh. 



aku gak bisa berenti kasih gambar gambar ini, padahal ya gambarnya gini gini aja, tapi gak tau kenapa sore gerimis itu rasanya magis sekali (tsaelah, magis), rasanya tuh gak bisa digambarin lewat tulisan, kaya gimana sih perasaan kamu, sedang jauh dari rumah, udah berjam jam ngabisin waktu di jalan ngeliat pemandangan kaya gini, diem diem khawatir satu kali hutan hutan hijau ini berubah jadi tanaman industri dan gak bisa bikin udara seger lagi, mana gerimisnya bikin syahdu, ah ah aaaaaaah,
pokoknya sore itu cantiiiiiiiiik banget, gak perlu filter gak perlu beauty cam.

tanah lapang terakhir yang kita jumpain, kalo gak salah ini sekolah. mendung gerimis tapi panas

setelah ini gak berani pegang hape lagi. pegangan mantep ke jaket pak supir.
beneran, jalanan makin licin karena cuma tanah merah dan gerimis beneran dateng. motor anak anak beberapa sempet nyangkut di kubangan, kudu di geber geber baru bisa ngegas lagi. motor kita, gimana? aku sih pake ilmu meringankan tubuh dan sepenuhnya memasrahkan diri sama yang nyupir, melengsat melengsot dikitlah, masih amaaaaan... *ngelus ngelus dada*

perjalanan dari rumah Pak Kadus sampe ke dusun terakhir, kira kira makan waktu 30an menit. beberapa jalan sebenernya bercabang, cuma alhamdulillaah karena udah ada yang ngasih penanda di setiap percabangan jalan, jadi lebih mudah buat kita milih menuju kemananya. sampe di dusun terakhir, hujan beneran turun. Bang Asep sama Bang Iyok kemudian koordinasi buat ijin nitip motor, kita udah mulai berhamburan kemana mana menyelematkan diri.
sambil nunggu hujan reda, kita ngobrol sama warga yang sore itu lagi ngumpul ngumpul, karena pas mereka merayakan natal. mereka bilang 30menitan lagi lah sampe ke Riam Berawat'n. Setelah kita pamitan mau kesana, mereka titip pesan ke kita, nanti jangan buang sampah sembarangan, jangan teriak teriak di hutan. Okesip.

*mulai tracking dari samping halaman rumah orang, diliatin babi mengembik ngembik*

sambil ngeliatin babi tapi sambil jiper, si Dedi terus ngingetin.
"udaaaaah gak usah diliatin..."
ya gimana, jarang liat gerombolan babik sih, mana disini pada gembil gembil lagi badannya..
*melipir sambil takut dibuntutin*

jalanan dari dusun terakhir tadi sampe ke lokasi kita bakal nginep dan bikin tenda, bisa dikategorikan aman lancar, jalannya setapak dan memang kudu jalan baris kalo gak mau nyangsrak ke semak semak, medannya gak begitu ekstrim karena cuma naik turun dikit yang belum begitu landai atau curam. syukurlah, jadi bisa ngehemat energi, karena rasanya, badan juga udah mulei minta diistirahatin.

bebebapa meter dari tempat kita (akhirnya) camping, kita ketemu sama warga, mereka ngasih tahu kalo kecil banget kemungkinan kita untuk bisa camping persis di muka riam. tempatnya gak memungkinkan kecuali kita mau tiduran pake hammock. dari info mereka juga kita dikasih tahu kalo masih ada beberapa orang yang camping di muka Riam. jadi ya, setelah Bang Asep sama Bang Iyok liat lokasinya, di tanah datar inilah kita bakal ndiriin tenda, kebetulan juga viewnya baguuuus banget buat liat liat sekeliling. yuk, turunin ransel terus kita selonjoran.

hiyey!

temen temen yang baru kenal sehari tapi udah supportif banget. thanks!
pas kira kira udah mayan enak nafasnya gak ngos ngosan lagi, udah ngeset kira kira tenda mau didiriin dimana, terus kita sepakat untuk langsung aja turun ke riam, liat jam udah jam 5 juga, timbang nanti kegelapan di jalan, yuk mariiiii melanjutkan diri jalan kembali menuju riam.

*bang asep tinggal sama siapa-lupa terus, buat ndiriin tenda, nih anak anak ayam udah pada ngacir gak sabar nyebur*


bersambung..

Komentar

  1. Ngeliat tracknya kaya gitu kok saya langsung kerasa ngilu yaa dengkulnya, hehehehe kebayang gitu ban motornya licin jadi dagdigdug penumpangnya

    BalasHapus
  2. dari pic nya aja udah kerasa di kalimantan, ternyata bener juga. Salam dari Kaltim

    BalasHapus
  3. hallo mb ipeh, mungkin ini salah satu kegiatan dalam kategori term ngeri ngeri sedap, hehehehe..

    hallo lidha, salam juga dari kalbar, mudah2an ada waktu ada sehat lain kali bisa mampir ke kaltim....

    terimakasih sudah berkunjung teman teman..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer