Trip ke Lemukutan (3) (end)

salam,

jadi orang yang punya sindrom "kalo ngapa ngapain jarang banget dituntasin" itu memang sering jadi penyakit buat diri sendiri.
mangkanyah sengaja nulis blog yang ceritanya dibikin berseri karena kadang kadang jadi terapi.
eh, lari juga kadang jadi terapi sik-part yang ini nanti diceritain sendiri.

jadi, sambil curi curi waktu yang lain sibuk ngerjain kerjaan, aku sibuk mencat mencet keyboard nyoba nulis ending trip ini jadi gimana.

~

sampa mana kemaren,

abis gagal liat sunset tapi tetep happy, kita kembali menuju rumah. pas mau balik ke rumah ini sebenernya medannya seru, jalannya naik turun, terus ketemu rumah rumah warga, ketemu kandang kambing yang anak kambingnya kejar kejaran hiperaktif, ketemu TK yang ada mainan ayunannya, etapi teteup aja kita diojekin motor sama temen temen #jajagi , bosen bosen deh ngomprengin kita.

seperti yang bisa dilihat.

yup!
ada listrik di Lemukutan. listrik dimulai jam set6an sore-kalo gak salah- sampe besokan paginya jam set6an juga. jadi temen temen yang berencana mau kesini, gak usah terlalu khawatir karena ketersediaan listrik udah tercover sama PLN, dan karena terbatas jam aksesnya, jadi jangan heran ketika listrik datang, yang namanya colokan listrik langsung rame kaya pasar malem baru buka. hekhekhekhek, apalah kami ini budak teknologi yang bergantung nasib pada peradaban bernama listrik-apasiiiiiik~
sibuk ngecas gadget DONK!

pas nyampe rumah, hari udah gelap. sambil ngantri kamar mandi rumah yang cuma ada dua, dan diantriin belasan orang, jadi selang diluar rumah yang ngalirin air bersih, kemudian kita manfaatkan buat bersihin sisa pasir yang nempel kemana mana. BYUR! gantian bebanjur pake ember merah eh apa biru ya?
Ketersediaan air berbanding terbalik dengan kondisi listrik disini. air bersih yang ngalir turun dari bukit belakang rumah (tampaknya) sepanjang hari setiap saat setiap waktu ngalir gak pake disuruh, sampe sayaaaaang rasanya ngeliatnya luber luber begitu, etapinya jadi sedep juga karena prinsip trip terbaik versi ikun adalah trip dengan sumber air melimpah, cocok!

eh, ini gue mulai bertele tele gak sik,
hekhekhek.

abis rapih udah mandi, udah ganti baju, udah sholat, semua udah ngumpul, dan saat terindah adalaaaaah, makan makan sambil nonton poto yang banyaknya udah minta ampun.
menu makan disini didominasi dengan hidangan kambing guling-hehehe boong dink-
ya enggaklah ya,
menu favorit ya pasti hasil laut, secara lautan terpampang nyata di depan mata.
nyam nyam nyam, enak, ada ikan goreng, ikan dikasih kuah merah-auk ah apa namanya- cumi sotong, mpek mpek dari rumah-rumahnya ikbal, sambel, nasik aaaaaaaaak, aku suka semuanya ajaaaaa...

abis makan, acara mulai deh seterah mauk ngapain, ada yang baring baring, ada yang nontonin poto poto belum puas, ada yang bekam-iya seriusan ada yang bekam di Pulau, huwow, dan ada yang jalan jalan. Ikun kemana? ya jalan jalan doooonk, nonton pantai udah gelaaaaaap.

*ini post part 3 udah jarang ada potonya ya*

#jajagi . makasih abang abang udah repot repot ngurusin kami.. *salim
ini malem malem mainnya di tepi pantai, cekikikan nontonin abang abang #jajagi bikin tulisan pake kamera hape kaya gini.
terus pas malem kita turun, bintang bintang udah pada mejeng minta diitungin. rameeeeeee banget, kedip kedip dari jauh, bagus!

nah!
gak berasa aja, udah ngobral ngobrol ngalor ngidul kesana kemari, malem udah makin malem-menurut lo?
kita putusin balik lagi ke rumah mau tidur mimpi indah~~~~~~

besokan paginya, hari mau pulang ke kota nih.
habis beres nyubuh, nyawa udah kekumpul, hayooooooook kita keliling keliling kampung yang jadi menu wajib #jalanjalanikun.
rasanya sayang banget pergi kemana tapi gak kemana mana-eh ini gimana sik?
yah, yang penting jalan aja liat sekeliling, gak expect harus nemu apa yang aneh atau gak biasa, tapi ada yang kurang rasanya kalo gak jalan jalan.

jalan kampung.

asik ya.
pagi masih muda, jalan masih basah, belum banyak warga, cuma bunyi debum debum pelan ombak udah kejar kejaran-ahzek!

damaaaaaaaai banget.
cuma kudu hati hati aja karena beberapa tempat, jalannya mayan licin.
udah deh tuh, apa apa yang dikepala pada lompat lompat minta perhatian, jalan jalan sambil mikir mikir apa yang kudu dipikirin, hmmmmmmmm~~

kadang mungkin orang orang pada nanyain, dan iya sih beberapa, ketika kita pulang langsung sibuk interogasi.
kenapa sih kun, jalan jalan sendiri aja?
ini jalan jalan rame rame kaliiiik, gak sendiri aja.
hahaha, iya sik kali ini jalan jalannya beneran sendiri aja tanpa teman, handai taulan ataupun sanak saudara.
tapinya kan setelah ini, jadinya nemu banyak teman.
kaya kata pak Ibnu Battuta,

Traveling, it makes you lonely, then gives you a friend. Offers you a hundred roads to adventure, and gives your heart wings. It leaves you speechless, then turns you into a storyteller. Gives you a home in a thousand strange places, then leaves you a stranger in your own land. All you do is take the first step

ahey!

gak tau kenapa, pengen aja ngabur kemana mana belakangan ini walaupun setelah pulang, kepala abis ditoyor toyorin pemirsa karena ngabur gak ngajak ngajak. Hahahahahahahahaha..
tapi, kadang kita memang butuh waktu untuk sendiri, mikir.
kita udah ngapain, udah ada fungsinya belom, udah ngasih sumbangsih (hey, its rhyme) belom, udah jadi orang yang ngasih manfaat belom. setelah ini mau gimana, mau jadi apa, mau begini terus apa mau berubah, berubahnya gimana.

*aaaaak, komputer lapak sebelah nyanyi ruth sahanaya donk, aaaaaaak*

hahaha, udah ah jadi ngelantur kemana mana.

ini sisi pantai sebelah jauh dari rumah
pulang dari sini, kita langsung beberes rapih rapih karena jam sebelasan kabarnya kapal udah mau bawa kita pulang ke, kemana? ke Teluk Suak lagi dong. beberapa temen temen yang masih penasaran masih balik lagi nyebur ke laut, anak anak perempuan dan beberapa temen lain milih nunggu di rumah aja, lagian rupa rupanya eh eh si ikun belum mandi juga.

abis makan (makan paginya 2 episode donk), kita mastiin barang barang yang mau diangkut balik, jangan sampe ada yang ketinggalan karena kalau mau ngambil, ngambilnya kejauhan. temen temen yang lain juga udah kembali dari laut.

daaaaaan, saatnya pulang~~~~
jam sebelasan kurang, kita jalan kaki menuju spot sampan sandar, dan karena hari itu adalah hari minggu dimana wiken akan berakhir, maka turis turis satu pulau pun berjamaah mengakhiri liburan mereka, dan yang nunggu kapal dooooonk, rame beut!
dan, terdengar kabar mengejutkan, syalalalalalala~
sampan dayungnya yang mau bawa kita ke kapal kelotok cuma ada satuuuu, uwuwuwuwuwu.
padahal yang mau diangkut ada sekampung.
hae~

terdampar di tepi pulau. angkut kami pak sampaaaan~

setelah beberapa waktu menunggu, akhirnya sampan dayung itu membelah menjadi dua, ehehehhehehehe gak diiiiink..
akhirnya datanglah bala bantuan sampan dayung lain yang mau membawa kita kepada kapal kelotok yang berada nun jauh disana.

dayung paaaaan! iam nangis dooooonk :)))))

let me go homeeee~~~
dan, dengan naiknya kami ke sampan dayung ini, berakhir pulalah trip ke Lemukutan ini.
pulangnya, si kapal kelotok ngebuuuut banget, mangkanyah jadi lebih cepet sampe. cuaca lumayan bersahabat karena pas pulang langit agak mendung dan hujan hujan unyu mulai turun, dan bener aja pas nyampe di Teluk Suaknya angin datang berderu deru dan BRES! hujan deres~~~~~

akhirnya akhir perjalanan benar benar terjadi,
Memei dan Mbak Ratna pulang ke Ngabang dijemput sama temennya,
Mbak Venny sama Ikbal dan adik adiknya pulang dengan kendaraan sendiri,
Iam, Omnya, Bapaknya, Dwi, sama siapa lagi ya, eh Majid pulang sama siapa ya.. pokoknya itulah naik kendaraan sendiri jugak.
Habibi sama Abangnya juga pulang ke Mempawah.
Ikun nebeng balik diboncengin lagi sama Deni dan adik adiknya.
pasukan bubar jalaaaaaaan.

Duuuuuuh, banyak banyak terimakasih ya ke temen temen semua, yang sudah menghabiskan dua hari bersama sama, juga ke temen temen #jajagi yang udah mau repot repot ngurusi kita, Ikbal yang udah ngajak ngetrip, adik adik ABG yang bikin ketawa ketawa, dan Deni yang udah sabar sepanjang perjalanan darat pergi dan pulang aku bawelin sepanjang jalan dan semua keseruan yang kita rasain bareng bareng. mudah mudahan ada waktu, ada sehat kita bisa ketemu lagi ya.

makasih banyak banget pokoknyaaaaah,

from Lemukutan with love

Lakukanlah safar.
Karena di dalamnya ada lima faedah;
Menghilangkan kesumpekan dan mengais rejeki, mendapatkan ilmu, adab dan teman baik.
- Imam Asy Syafi'i

Note: Semua photo/dokumentasi yang digunakan adalah milik www.jajagitrip.com #jajagitrip