Jalan Jalan ke Riam Berawat'n (1)

salam,

akhirnya perjalanan ini akan dituliskan ke dalam cerita ya, setelah drama foto gak mau ditransfer ke komputer dan malas yang seakan merasuk ke seluruh sel tubuh.
biasanya  sih suka nginget nginget trip ini sambil senyam senyum sendiri.
so, mau baca gimana kelanjutannya?


.
.
.

dimulai dengan siang siang buka facebook, akun bang iyok ngepost sebuah gambar air terjun, lalu tangan sigap menyentuh hape.
wassap dibuka,

bang.. 
terkirim.

lucunya, cuma "bang" yang aku kirim, bang iyok dengan saktinya mereply.
iye boleh.

bahahahaahahahaha, sakti kan. dia langsung tau, aku mau ikut ngetrip ke Berawat'n.

kemudian trip diadakan tanggal 26-27 Desember pas lagi liburan natal, meeting point di Taman Digulist jam 6pagi. Tanggal 25nya yang masih kerja (libur pun kerja, kasian deh gw), pas keluar nelponin bang iyok yang mungkin lagi mau jumatan.

"Bang, ikun lagi di luar, besok jadi ngetrip kan? Apa nih yang mesti dibawa?"
Bang Iyok, cuma bilang bawa ini itu ini itu, dan gak sama sekali bilang kalo aku KUDUNYA NYIAPIN FISIK KARENA TRIP INI YA AMPUN ASTAGAAAA MENGURAS ENERGI SEKALI SODARAAAAA..

hahahahahahahahahahahhahaha.

pagi di digulist. photo: Elisa

setelah semalaman memastikan istirahat cukup, dan mengecek performa motor-karena trip dilakukan dengan menggunakan motor-akhirnya pagi di Digulist kamipun bertemu, dikenalin sama temennya Bang Iyok yang bakal jadi temen seperboncengan di trip ini.

"Eko."
Mas nya mengenalkan diri, dengan satu kata pendek. Aku jiper, dese gondrong bok! Rambutnya panjang tergerai-mungkin abis keramas, semacam macam vokalis band metal-dan akhirnya semua terjawab, dese anak band beneran. Bahahahahahaha. 
Eh, taunya orangnya baek, bawaannya gak banyak cuma tas kecil yang diselempangin sendiri. Aku yang udah gendong ransel sendiri cuma dimintain tolong bawain tas kecilnya yang satu lagi. Karena perjalanan berjam jam ini menggunakan motor, maka harus diperhatikan kenyamanan kita, biar gak repot sendiri di jalan. Begitu, bukan?
 
Perjalanan ke Riam Berawat'n di Seluas, Bengkayang ini sendiri akan menempuh waktu kira kira 8 jam lebih dari Pontianak. Setelah briefing sebentar, baca doa dan photo photo, jam 7 pagi lebih beberapa menit, rombongan motor yang banyaknya (kalo gak salah) sekitar 15 motor itu, konvoi menuju checking point pertama, Anjungan, karena rencananya akan ketemu (dan nungguin) beberapa temen lagi disana.

Bismillahirrahmanirrahim...

Baru sampe Anjungan, rombongan motor ada yang udah bocor ban1, terus ada yang mesti mampir ke bengkel karena kudu mbenerin tali gas or something. Duh, mudah mudahan lancar semua di jalan yaaaaa..

checking point #1 , itu dorongan pasir bukan equipment kita, bukan... photo: Elisa
Setelah beberapa waktu dan temen temen yang ditungguin udah ngumpul, kita melanjutkan perjalanan, "senior senior" ngetrip ngasih petuah sama yang amatir, kalo setelah ini medan akan menjadi sedikit kurang nyaman, beberapa ruas jalan mungkin gak terlalu baik kondisinya, jadi kudu hati hati, lihat lihat teman, dan kasih tau kalo kudu gantian bawa kendaraan, jangan maksain diri. Oke bos!
Kepada Bengkayang kami menuju.

Huft, beneran aja, medan menjadi sedikit lebih menantang. Bolak balik ngingetin Eko untuk hati hati dan jangan ngotot di jalan. Beruntung kita punya Gatot sama Aad yang jadi apa sik namanya-kalo di lari namanya "marshall" itu loh yang jagain kelompok tetap aman.

Bawaan hawa di hari itu yang luar biasa panas, karena matahari sedang gagah gagahnya, dan perut yang udah mulai keroncongan, memang butuh konsentrasi lebih ketika berkendara, jarak antar motor diatur sedemikian mungkin biar perjalanan tetap aman dan lancar.
Bener aja, semakin siang semakin panas menjadi jadi, dan aroma Bengkayang belum juga terpapar ke udara, pasukan udah beberapa yang mengsal mengsol di jalan, lubang aspal gede main ditabrak, jalan mulai melipir ke kiri kanan gak jelas, bahahahahahaha, lucu lucu serem kalo diperhatiin dan bener aja, beberapa kali motor gak bisa ngelak dan BUM, sukses nyusruk ke lubang lubang aspal paling gelo seperjalanan.

one hit, double crash, kata Eko,
daaaaaaan, motor yang buat ngeboncengin Long Tyas dong, sukses bocor depan belakaaaaang. AHEY!
*melipir ke bawah pohon semua*

clingak clinguk entahlah kami berada dimana, akhirnya beberapa temen inisiatif meluncur nyari bala bantuan terdekat karena samsek motor gak bisa dipake berkendara, yang lain nelponin Bang Asep-kepala rombongan 1- yang posisi mereka udah mau deket ke pom bensin Bengkayang- ngabarin kita kita bakal telat nyusul karena motor Bang *aku lupa namanya, maapkan* bocor total. Setelah dipastikan motor bisa digeret pelan pelan menuju bengkel terdekat-yang juga jauh- dan Long Tyas bisa diungsikan ke motor lain, aku dan beberapa motor lain yang masih sehat langsung ngebut menuju Bang Asep dan teman teman yang udah duluan. Matahari udah di puncak asmara ketinggian dan waktu Dzuhur udah masuk, motor udah minta minum dan yang paling penting, bokong minta diistirahatin!

*dadah dadah ke anak babi yang nontonin kita nongkrong di bawah pohon nungguin motor bocor*

Tancap gas lagi sampe ke pom bensin Bengkayang yang super rame..

istirahat di komplek ruko tutup di sebelah pom bensin, panasnya jangan ditanya gimana. photo: Elisa
Beberapa temen, memilih tidur ketika kita istirahat sebentar di Bengkayang, beberapa menjamak Dzuhur dan Ashar, dan beberapa masih nyecer di jalan karena ngurusin motor yang minta minum dan lain lain. Kabar gembira bahwa musholla pom bensin di sebelah ruko ini cukup representatif untuk ngelurusin punggung, tengkurep bentar ah, bentaaaar aja.

ngisi perut. photo: Elisa
Demi kemaslahatan umat, akhirnya kita meladeni kampung tengah yang udah atraksi demo minta diisi, nemu tempat makan yang kira kira bisa menampung jumlah kita sekalian istirahat bentar balikin energi, kasian abang abangnya yang bawa kendaraan.

Perjalanan ini memang sengaja digagas untuk seru seruan aja, meskipun di arrange sama abang abang yang udah terbiasa ngurusin trip secara komersil, tapi untuk keberangkatan kali ini dimana peserta trip yang kurang lebih berjumlah 20an orang dan hampir semuanya adalah temen yang sudah duluan kenal-kecuali aku yang sok sok ngikut aja- maka, trip pun dilakukan dengan jadual sesuka hatinya, suka suka mau berenti dimana, suka suka mau berapa lama waktu berhentinya, yang penting gak keburu hari gelap, dan semua sehat aman sampe kembali nanti dari tempat tujuan, sedep kan!

.
.
.

setelah kembali berkendara sekian lama,
setelah menyaksikan bahwa Kalimantan begini indahnya, dan dada dipenuhi rasa yang baru karena pemandangan yang aku belum pernah lihat sebelumnya ini sebegini bagusnya dan karena inilah (sementara) perjalanan terjauh di Tanah kelahiran sendiri, jadi sepanjang perjalanan mesam mesem sendiri sambil tiada lupa bolak balik ke Eko yang lagi nyupir nanya nanya ini itu, sampe dese keknya bosen eike tanyain melulu. Bahahahahahaha..

dan, ckiiiiiiit....
hari sudah mulai memasuki sore, tiba tiba perjalanan melambat, Bang Iyok sama Bang sapose-lupa lagi namanya padahal biasa ketemu di Untan-noleh noleh ke belakang dari motornya. Kita melipir ke kiri jalan,

kenapa?

"Kelewatan, kelewatan..."
Kata Bang Iyok,

Tsaelah...

(hampir) SAMPE! *elus elus bokong*

Akhirnyaaaaa!!
Gerbang dusunnya udah ketemu donk, Alhamdulillaah.

Lihat kan, disitu ditulis, Riam Berawat'n 10KM. Nah, 10KM nya itu baru nyampe ke rumah Pak Kadus, dari rumah Pak Kadus ke Riamnya plus 10KM lagi kali, dan barulah ini sejatinya adventure, siap siap...


peta menyapa kami, here we go..

Sampe rumah Pak Kadus yang waktu itu sedang merayakan Natal, suasana dusun menjadi ramai. Bang Asep bersama Bang Iyok dan Aad, mampir sebentar untuk permisi kalo kita serombongan ini mau nginep ke Berawat'n, kita kita sih nungguin di luar aja. Di halaman rumah Pak Kadus yang luas ini, ada beberapa anak anak yang lagi mainan meriam karbit yang kaya malem lebaran di tepian Kapuas itu, tapi yang ini versi mininya. Dan di sebelah sisi lain, masih di halaman yang sama, ada kaya warung kecil gitu, isinya rame bapak bapak yang sedang berkumpul dengan nada riuh rendah terdengar, pas diintipin karena penasaran mereka lagi ngapain, eh ternyata lagi main biliard, pantesan seru. tadinya mau di photo, tapinya gak enakeun. Mungkin inilah salah satu cara masyarakat Dusun ini untuk menghibur diri, secara kemana mana jauhnya minta ampun kan, kalo deket mereka mungkin bisa karokean ke Afgan aja, kaya yang biasa kita lakukan, hehehe..

rumah pak Kadus

 
manggul meriam
kencengnya sih gak seberapa, tapi jiper juga di bom begini..
Setelah dapet ijin dan bonus 2 botol CocaCola dari Pak Kadus, dan habis menginterogasi bocah bocah ini seputaran gimana sih kondisi medan menuju Riam, akhirnya kita berangkatlah menuju Berawat'n. Perasaannya capek capek excited, apalagi kata mereka-anak anak ini-kondisi jalannya sih lumayan jelek, eh eh ditambah pas kita beramai nyalain motor, langit udah mendung aja keliatannya.

Bismillaah..




bersambung..

Komentar

Postingan Populer