Hiduplah Indonesia Raya

assalammualaikum..

hi folks, apa kabarnya setelah idul qurban kemarin? mine agak gak enak, pusying boo..kebanyakan daging :(

eh tapinya ada yang bikin lebih pusing loh..tauk apa? itu.. soal lagu Indonesia Raya mau direvisi liriknya...

" Lagu kebangsaan Indonesia Raya dinilai kurang tepat dengan kondisi sekarang. Karena itulah, sejumlah tokoh mendesak agar lagu tersebut direvisi. “Lirik lagu Indonesia Raya perlu direvisi, khusus bagian ‘di sanalah aku berdiri jadi pandu ibuku’. Kalimat itu multitafsir dan menjadikan lagu Indonesia Raya kurang bermakna. Sebab konotasinya memandu itu seperti memandu orang yang sudah meninggal, walaupun dimaksudkan untuk Ibu Pertiwi,” kata Ketua Lembaga Musik Indonesia, Didied Maheswara, di Jakarta, Selasa (22/10). (indonesiamedia.com)

in my humble opinion sih lagu Indonesia Raya sebaiknya tidak usah diganti atau direvisi liriknya, karena lagu ini merupakan buah pikir dari salah seorang maestro bangsa yaitu Bapak Wage Rudolf Supratman. Gubahan lirik yang dibuat di masa darurat dan penuh tekanan di masanya itu menjadi representasi semangat dan perjuangan Indonesia (yang akan) merdeka pada masanya, dan spirit ini patut dihargai, dijaga dan terus diamalkan oleh para penerus bangsa seperti kita kita ini.

apa juga iya ada sejarahnya lagu kebangsaan sebuah negara diubah? agak rancu sih ya..

Lagipula lagu kebangsaan Indonesia Raya ini kan hampir selalu dikumandangkan setiap bendera merah putih kita dinaikkan, sekali lagi menurut saya, dua hal yang kerap dilakukan seirama ini mengandung atmosfer sejarah dan semangat patriotik di dalam diri setiap individu yang menyaksikannya, udah jadi khidmat aja gitu (duile bahasanya). Kalo sempat terjadi revisi kok ya rasanya agak piye ya..berkurang sedikit "aura" nya gitu karena akan terdistraksi oleh lirik baru.

Kalo memang mau sih, kenapa gak dibikin aja lagu perjuangan baru, yang mana isinya disesuaikan dengan kondisi "perjuangan" masa sekarang, yang liriknya relevan dengan situasi dan arti kemerdekaan yang harus diisi, kalo pake argumen isi lagu sudah tidak cocok karena dulu kemerdekaan Indonesia baru (akan) direbut.. ketimbang merubah lirik lagu kebangsaan yang dulu udah susah mati dibuat untuk negara ini. Inget loh perjuangan para pahlawan pendahulu kita saat merebut kemerdekaan dulu, berat boook, penuh perjuangan tak kenal lelah, berkorban darah, air mata, harta dan keluarga *pasangiketkepala*

pokoknya saya mah..teteup... Hiduplah Indonesia Raya..

Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan Tanah Airku
Marilah kita berseru
Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku
Hiduplah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya
Bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya


Merdeka!






Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer